Buah Manggis Ampuh Tangkal Leukemia?

Garcinia Mangostana atau lebih dikenal dengan buah manggis merupakan salah satu tanaman eksotis yang memiliki banyak kandungan nutrisi terutama pada bagian kulit buangnya. Siapa sangka, kulit buah manggis yang biasanya kita buang ternyata mengandung antioksidan jenis xanthones. Menurut peneliti dari Fakultas Farmasi Mahidol Universuty Thailand, ektrak kulit buah manggis memiliki efek yang sangat kuat dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

Pernyataan sedana juga dismpaikan oleh seorang peneliti yang bernama Matsumo K dari Gifu International Institute of Biotechnology Jepang. Menurutnya khasiat buah manggis mampu mencegah pertumbuhan sel pernyakit leukemia jenis Hl60, dan kandungan antioksidan pada buah ini bahkan lebih kuat dibandingkan pada buah durian dan rambutan, tambahnya.

Penelitian lain yang dipublikasikan pada Journal of Free Radical Research dan Journal of Pharmacology menyebutkan bahwa kandungan xanthones sangat berperaan dalam kesehatan kardiovaskuler seperti mengatasi penyakit jantung, arteriosklerosis yakni Penyakit khas yang ditandai dengan penebalan dan hilangnya elastisitas dinding pembuluh darah arteri. Hal ini dikarenakan aktifitas xanthones yang memberikan efek memperlebar pembuluh darah serta melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Satu lagi penelitian yang dilakukan di Tokyo pada tahun 2003 silam, Xanthones memiliki efek antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme jahat penyebab TBC dan gangguan pencernaan lainnya. Bagaimana? cukup bayak bukan manfaat buah manggis? lalu bagaimana cara mendapatkan semua manfaat tersebut? Keringkan kulit buah manggis yang sudah dicuci dengan air mengalir sampai bersih. Lalu masak dengan air 500mL dan biarkan hingga air menyusut tinggal 300mL. Ekstrak buah manggis siap disajikan hangat maupun dingin.

No comments:

Post a Comment

free website hit counter