Benarkah Buah Manggis Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan?

Buah manggis merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Pohon manggis pada umumnya dapat tumbuh setinggi 7 sampai 25 meter dan harus ditumbuhkan di lingkungan yang hangat dengan paparan suhu di bawah -40 (4oC). Saat matang, kulit buah manggis berwarna ungu kemerahan. Kandungan nutrisi yang dimiliki buah ini cukup lengkap, antioksidan pada buah ini dapat membantu tubuh dalam menangkal efek radikal bebas dan mencegah tubuh kita mudah terserang pernyakit.

khasiat buah manggis

Kulit buah manggis memiliki berbagai bahan kimia organik, diantaranya adalah Xanthone dan asam tannic. Penelitian ilmiah yang pernah dilakukan terhadap buah manggis menunjukkan bahwa beberapa bahan kimia dalam kulit manggis memiliki beberapa manfaat dalam pengobatan penderita kanker, leukemia, kanker usus besar dan lain-lain. Penelitian lain juga berhasil membuktikan bahwa tanaman ini memiliki kandungan santon (semacam antioksidan) sejumlah 20 jenis yang sangat berguna sekali dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

Tak hanya sampai di situ, penelitian lainya juga membuktikan adanya kandungan antioksidan, anti-bakteri, aktivitas anti-tumor dan juga anti-inflamasi pada buah manggis. Antioksidan pada buah manggis akan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas serta membunuh bakteri, virus dan jamur di dalam tubuh. Dengan semua fakta di atas, maka tidak perlu diragukan lagi jika buah manggis merupakan salah satu “Buah Super” yang wajib ada di dalam kulkas untuk kita konsumsi secara rutin.

No comments:

Post a Comment

free website hit counter